Pemanfaatan Hasil AN 2021 dan Persiapan AN 2022

$rows[judul]
BASKOMJATIM.COM

Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) sebagai institusi yang memiliki misi dalam bidang asesmen dan pembelajaran mempunyai tugas untuk mengembangkan model asesmen dan pembelajaran serta menyelenggarakan asesmen pendidikan secara nasional. Salah satu model asesmen yang sedang dikembangkan saat ini adalah Asesmen Nasional yang ditujukan untuk mengukur aspek kognitif dan non-kognitif.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM merupakan instrumen untuk mengukur aspek kognitif peserta didik yaitu kemampuan literasi membaca dan numerasi. Sedangkan Survei Karakter ditujukan untuk mengukur aspek non-kognitif peserta didik dan Survei Lingkungan Belajar ditujukan untuk mengukur aspek non-kognitif berdasarkan perspektif peserta didik, guru dan kepala sekolah.

Dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional, moda yang sedang dipersiapkan adalah moda asesmen berbasis komputer daring (online) dan semi daring (semi-online). Salah satu keunggulan moda berbasis komputer adalah asesmen dapat dilaksanakan secara obyektif, yaitu ujian yang benar-benar dapat mengukur kemampuan siswa. Di samping itu peluang untuk terjadinya kecurangan (kebocoran kunci jawaban) dapat diminimalisir, disamping efisiensi dalam pelaksanaannya.

Direncanakan Asesmen Nasional dilaksanakan mulai tahun 2022 bagi seluruh satuan pendidikan setiap jenjangnya (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK sederajat), namun untuk peserta didik akan dipilih secara sampling di setiap satuan pendidikan. Dengan melihat implementasi Asesmen Nasional dilakukan secara masal.

Untuk Selengkapnya silahkan download dibawah ini:

Pemanfaatan Hasil AN2021 dan Persiapan AN 2022


Jangan Lupa untuk Meninggalkan Komentar, Agar Kami tahu Kalau Anda selalu Bersama Kami :)

Yuk bergabung di grup WhatsApp kami untuk selalu mendapatkan update terkini dari BASKOM:

>>>>>>>>>> Grup WA INFO BASKOM <<<<<<<<<<<

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)
Whatsapp-Button